Header Ads

Ritual Salaman Setelah Sholat

Di dalam Islam kita tidak pernah diajarkan untuk bersalaman setelah menyelesaikan sholat. Namun salaman yang diajarkan dalam Islam adalah salaman ketika ada 2 orang muslim yang saling bertemu.

Menit 01:28

Dalam hadist dari sahabat Al Barra bin ‘Azib Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Apabila ada dua orang muslim yang mereka bertemu kemudian saling berjabat tangan maka dosa-dosanya akan diampuni sebelum keduanya berpisah”. (HR. Abu Dawud)
Karena itulah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita agar selesai sholat langsung beristigfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dilanjut dengan membaca dzikir dan bukan salaman dengan kanan kiri jamaah.
Sebagaimana disebutkan dalam hadist Tsauban Radhiyallahu 'anhu, beliau menyebutkan : ”Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam setiap kali selesai sholat, beliau beristigfar 3x, kemudian beliau membaca Allohumma antas salaam waminkas salam tabaarok ta yadzal jalaali wal iqroom”.

Menit 02:46

Istigfar yang dibaca adalah mengucapkan astagfirullah astagfirullah.

Menit 03:09

Cara berdzikir yang disyari’atkan Allah Subhanahu wa ta'ala adalah dibaca dengan ikhlas, dengan suara pelan dan tidak keras. Firman Allah dalam surat Al-A’raf.

Menit 04:00

Ketika ada orang yang hendak meninggalkan masjid, tidak disyari’atkan bersujud terlebih dahulu. Di dalam Islam tidak ada istilah sujud pamitan masjid.
Sujud yang disyari’atkan hanya ada empat : Sujud ketika kita sholat, sujud ketika kita lupa dalam sholat (sujud sahwi), sujud ketika kita membaca ayat sajdah (sujud tilawah), dan sujud ketika kita merasa mendapatkan nikmat yang besar (sujud syukur).
Semoga bermanfaat.


Ceramah pendek mengenai Ritual Salaman Setelah Sholat oleh Ustadz Ammi Nur Baits. Simak penuturan lengkap beliau :


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.