Header Ads

Habis Sholat Kok Istighfar ?

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ketika telah selesai sholat beliau mengucapkan astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullah. Dilanjutkan dengan allohumma antassalam waminkas salam tabarokta yaa dzal jalali wal iqrom.
Namun menjadi sebuah pertanyaan bagi kita, mengapa setelah selesai sholat, rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam istigfar ? Apakah sholat itu berupa dosa?

Menit 03:55

Jawabannya adalah bahwasanya terkadang ketika kita sedang sholat ada sesuatu yang barangkali bisa merusak sholat kita. Seperti memikirkan sesuatu yang tidak layak misalnya atau ketika kita sedang sholat kemasukan rasa kurang ikhlas misalnya. Maka rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam istighfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala terhadap apa yang menimpa ibadah kita.

Menit 01:30

Faedah buat kita agar berusaha untuk intropeksi diri. Ibnul Qayyim mengatakan hendaknya muhasabah atau intropeksi diri itu di dua tempat. Tempat yang pertama adalah sebelum ibadah dan yang kedua adalah setelah ibadah.
Sebelum ibadah kita mempertanyakan diri kita tentang keikhlasan, apakah kita ikhlas atau tidak dan tata caranya sesuai syariat atau tidak. Dan setelah ibadah kita intropeksi juga apakah tadi saat sholat dimasukkan kelalaian atau yang sebagainya, maka kita istigfar kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas kelalaian yang terjadi ketika kita sedang sholat.

Menit 02:50

Setiap kita jangan merasa ibadah kita paling hebat, kita jangan merasa sholat kita paling khusyuk.
Belum tentu, karena kita tidak tahu. Barang kali ada amalan kecil yang kita anggap remeh ternyata itu berpengaruh terhadap sholat kita bahkan bisa merusak sholat kita. Maka dari itulah kita penting untuk istighfar setelah selesai sholat.  Sebagaimana Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan hal itu kepada kita.

Menit 04:00

Sebaik-baik hamba adalah ketika seorang hamba tersebut merasa sholatnya tidak terima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala tapi dia juga berharap agar ibadahnya itu diterima oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Sehingga seorang hamba itu antara rasa khawatir (khouf) dan rasa berharap yaitu (roja’).

Menit 05:00

Hikmah yang sangat agung yang dapat kita petik dari istighfarnya Rasul Shallallahu 'alaihi wa sallam setelah selesai sholat adalah seperti yang sudah kita sebutkan tadi bukan karena sholat itu berdosa tetapi khawatir akan adanya kekurangan yang ada di dalam sholat kita.
Semoga itu semakin memberikan kepada kita wawasan bahwa yang dilakukan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam itu yang terbaik karena tidak mungkin rasul berbicara dari hawa nafsunya.


Ceramah pendek dengan judul Habis Sholat Kok Istighfar disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc. Simak kajian lengkapnya :


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.