Header Ads

Ceramah SIngkat-Adakah Bid’ah Hasanah-Ustad Abu Yahya Badrussalam, Lc.

Bid’ah ada 2, yaitu bidah hasanah dan bidah dholalah. Tapi Kata nabi “kullu” (semua) bid’ah itu sesat.
Berarti pembagian bidah menjadi dua itu bertabrakan dong dengan hadist nabi ?

Menit 01:10

Ustadz memberi perumpamaan mengenai kata “semua/setiap”

Menit 01:30

Kata Imam Syafi’i bidah itu ada dua yaitu bidah yang terpuji dan bidah yang tecela.

Menit 01:58

Kita harus memahami perkataan Imam Syafi’i secara benar.

Menit 02:30

Penjelasan mengenai perkataan Imam Syafi’i bahwa bid’ah yang dimaksud adalah bid’ah secara bahasa disertai contohnya yaitu Imam Syafi’i menganggap kumpul-kumpul atau makan-makan di keluarga kematian itu bidah yang sesat. Tapi zaman sekarang menganggapnya bid’ah hasanah.
Dilanjutkan contoh praktek Imam Nawawi yang merupakan salah satu pentolan mazhab Syafi’i, beliau pernah ditanya tentang sholat Roghoib dan sholat nisfu Sya’ban dan jawabannya itu bid’ah.

Menit 04:50

Yang dimaksud bid’ah hasanah oleh Imam Syafi’i adalah bidah secara bahasa yang dikenal di dalam ushul fiqih Manfaat Mursalah. Contoh pengumpulan mushaf al-quran di zaman Nabi tidak ada. Tapi para sahabat membolehkan. Apakah  itu bid’ah.
Jawab : Secara bahasa Iya bid’ah tapi secara istilah tidak.

Menit 05:30

Ada kaidah yang harus kita pahami : Bahwa sesuatu yang tidak dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam itu tidak lepas dari 3 keadaan. Yaitu :
Yang Pertama pada zaman Nabi belum ada pendorongnya seperti ilmu ushul fiqih, ilmu hadist.
Yang kedua Nabi meninggalkan sebuah perbuatan karena masih ada penghalangnya. contoh al-quran pada zaman nabi belum dikumpulkan karena masih ada penghalangnya yaitu al quran terus menerus turun.
Yang ketiga Nabi meninggalkan suatu perbuatan padahal pendorongnya sudah ada, dan penghalangnya tidak ada. Contoh Nabi sholat ied tidak pakai adzan dan iqomah, padahal pendorong untuk memakainya ada yaitu untuk mengumpulkan orang. kemudian penghalangnya ada? tidak ada, Rasul mampu menyuruh Bilal untuk adzan dan iqomah. Tapi kenapa Rasul tidak melakukan ?
Jawabnya karena itu tidak disyariatkan.

Menit 08:15

Penjelasan Mengapa Umar mengatakan,”Senikmat-nikmatnya Bid’ah yaitu ini (Shalat Tarawih)” ?

Menit 09:30

Kalau di zaman sekarang ada bidah hasanah secara istilah, yang menjadi parameter Hasanah itu Siapa?

Menit 11:41

Imam Malik berkata: Siapa yang membuat satu bid’ah saja dalam agama ini, berarti dia sudah menuduh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam mengkhianati risalah. Karena Allah berfirman, “Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu, maka yang pada hari itu tidak termasuk agama, maka pada hari itu tidak termasuk agama”

Menit 12:15

Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan semua bid’ah itu sesat. Adapula bidah terbagi menjadi bid’ah terpuji dan tercela oleh Imam, itu hanya sebatas dari sisi bahasa bukan secara istilah syari’at.
Karena perkataan siapapun tidak boleh melawan perkataan Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Menit 12:54                 
                                  
Alhamdlillah selesai.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.