Header Ads

Beriman Kepada Hari Akhir

Kajian ini merupakan lanjutan dari kajian sebelumnya yang berjudul Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah, Rasul-Rasul Allah dan Hari Akhir. Sekarang dilanjutkan pembahasan mengenai Beriman kepada hari akhir. Dimana sebelumnya telah disebutkan bahwa beriman kepada hari akhirat mengandung beberapa perkara yang harus diimani.

1. Beriman akan adanya tanda-tanda hari kiamat

Sebelumnya telah dibahas tanda hari kiamat ada dua macam yaitu tanda hari kiamat kecil dan tanda hari kiamat besar.
Tanda hari kiamat kecil dibagi lagi menjadi 3 macam oleh para ulama

1. Tanda hari kiamat yang telah berlalu.

Contohnya kematian Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, wabah penyakit tha’un (amwas) terjadi pada jaman kekhalifahan Umar bin Khattab di daerah Syam dan meninggal padanya 25.000 kaum muslimin termasuk yang meninggal adalah Muadz bin Jabal, tanda kiamat lainnya bahwa kaum muslimin akan memerangi suatu kaum yang matanya sipit dan itu telah terjadi di perang antara kaum muslimin dengan kaum Tartar atau Mongol.

2. Tanda hari kiamat yang sedang terjadi dan akan terus terjadi.

Contohnya yang kita lihat : Tersebarnya kebodohan, banyaknya pembunuhan, banyaknya gempa bumi, akan munculnya wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, munculnya kendaraan yang memiliki beberapa pelana kata Syaikh Albani maksudnya yaitu mobil.

3. Tanda hari kiamat yang belum terjadi dan pasti akan terjadi.

Contohnya: Jumlah laki-laki akan lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah wanita yaitu 1 berbanding 50 penyebabnya kata sebagian ulama karena banyaknya peperangan atau karena tingginya tingkat kelahiran wanita.
Kemudian selanjutnya adalah tanda hari kiamat besar yaitu:

1. Munculnya Imam Mahdi

Imam Mahdi adalah keturunan al Hasan bin Ali bin Abi Thalib, kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan bahwa namanya sama seperti nama ku dan nama ayahnya pun sama dengan nama ayah ku. Berarti Imam Mahdi itu namanya adalah Muhammad bin Abdillah. Diantara tanda munculnya Imam Mahdi yang pertama adalah sedikitnya kebaikan dan banyaknya keburukan, tanda yang kedua terjadi perpecahan di negeri Saudi yaitu ada 3 perang saudara  dimana ketiganya adalah anak khalifah yang masing-masing punya pasukan dan memperebutkan kekuasaan dan ketika mereka sedang berperang tidak ada yang kalah. Dalam kondisi seperti itu datanglah bendera hitam dari arah timur kemudian setelah itu Imam Mahdi akan di baiat di Ka’bah. Kemudian Imam Mahdi akan berperang memerangi Persia dan kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam Imam Mahdi itu akan memenuhi bumi ini dengan keadilan.

2. Dajjal

Ketika Imam Mahdi masih hidup muncullah Dajjal.

Menit 08:25 Siapa itu Dajjal?

Dajjal sudah ada ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam masih hidup bahkan ada salah seorang sahabat yang pernah bertemu dengan Dajjal yaitu Tamim bin Aus ad Daari atau Abu Ruqoyyah itu dikisahkan Imam Muslim dalam shahihnya bahwa Tamim bin Aus ad Daari berkata, “ Aku bersama kaum ku pergi untuk berlayar di lautan. Lalu kami pun di ombang-ambing oleh ombak selama tiga hari lamanya lalu kami terdampar di sebuah pulau. Dan di pulau itu kami bertemu dengan makhluk yang kami tidak tahu mana depan mana belakang karena berbulu semua bagiannya. Kemudian aku bertanya, siapa kamu? Makhluk itu berkata, “Hai kaum pergilah kamu ke rumah ibadah sana karena disana ada orang yang ingin sekali bertemu dengan kalian.” Maka kami pun bergegas ke rumah tersebut dan ternyata kami pun menemukan di rumah tersebut seorang laki-laki yang badannya sangat besar, belum pernah kami melihat orang yang sebesar itu. Dimana kaki dan tangannya diikat oleh rantai besi. Kemudian kami berkata kepada orang ini, Siapa kamu? Kata orang ini kabarkan dulu siapa kalian? Kata Tamim, kami suatu kaum dari Arab dari Bani Tamim. Maka orang yang besar ini berkata, lalu apa yang dilakukan oleh Muhammad dan sahabatnya? Kata Tamim ia telah menguasai Madinah dan kabilah-kabilah yang ada di sekitarnya. Kata orang ini Bila mereka mengikuti Muhammad itu lebih baik dari mereka. Kemudian orang ini berkata saya akan bertanya kepada kalian 3 pertanyaan. Apa itu ? kata Tamim. Bagaimana dengan pohon kurma yang ada di sebuah tempat namanya Baisan? Tentang apanya? Kata Tamim. Kata orang ini, Tentang buahnya, masih berbuah atau tidak? Kata Tamim masih. Kemudian bagaimana tentang mata air yang bernama Zugor? Tentang apanya? Kata Tamim. Kata orang ini tentang airnya masih ada airnya tidak? Masih banyak, orang-orang masih menggunakannya untuk pengairan dan yang lainnya. Kemudian kata orang yang besar ini Lalu bagaimana dengan Danau Tobariah (danau yang ada di Israel/Danau Tiberies) masih ada tidak airnya? Kata Tamim masih banyak. Kata orang ini “Aku adalah Dajjal, ketika nanti pohon kurma di Baisan sudah tidak berbuah dan mata air Zugor sudah kering, dan danau Tobariah itu pun sudah kering maka aku akan keluar ” .

Menit 12:06
Dajjal akan keluar di Khurosan tepatnya di Aspahan yang sekarang merupakan negara bagian Iran (sebagian wilayah masuk Iran sebagiannya lagi masuk Israel). Dimana kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ketika Dajjal keluar akan diikuti oleh 70.000 pasukan Yahudi yang memakai baju atau topi koyalisah.
Dajjal diberikan oleh Allah kehebatan, diantara kehebatannya adalah:

1. Dajjal bisa berjalan secepat angin
2. Dajjal bisa menyuruh awan untuk hujan dan menyuruh tanah untuk kering kerontang.
Ketika Dajjal mendatangi suatu kaum dan tidak mau beriman kepadanya maka ia akan menyuruh tanah untuk kering kerontang.
3. Dajjal mampu membawa gunung roti dimana sebelah kanannya adalah air yang dingin dan sebelah kirinya neraka atau api yang panas.
Kata Rasulullah , Jika kalian melihat itu dan kalian disuruh memilihnya maka pilihlah api yang panas karena hakikatnya itu adalah air yang dingin dan airnya dajjal hakikatnya itu adalah api yang panas.

Rasulullah mengabarkan bahwa sebelum Dajjal datang itu ada tiga tahun yang sangat paceklik dimana tiga tahun itu pada tahun pertama Allah menahan setengah air hujan, tahun yang kedua Allah menahan dua per tiga air hujan, dan tahun ketiga sama sekali hujan tidak turun. Pada waktu itu tidak ada air tidak ada makanan dan air mengikuti keberadaan kaum mukminin. Makanan kaum mukminin pada waktu itu yaitu subhanallah, alhamdulillah, lailaha illallah, allahu akbar. Bayangkan pada waktu seperti itu Dajjal datang membawa gunung roti. Bagaimana tidak terfitnah manusia pada waktu itu?

Kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam , “Tidak akan tegak hari kiamat sampai orang-orang mengharapkan munculnya Dajjal”.

Menit 16:30
Dajjal itu bisa dilihat oleh setiap orang beriman, dimana dijidatnya ada tulisan Ka fa ro (kafir).  Dan Dajjal kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam rambutnya kribo, kemudian matanya pecak sebelah, sebelah kanannya nyembul seperti anggur yang nyembul, badannya pun besar.
Itulah sifat-sifat Dajjal dan wajib meyakini akan adanya Dajjal.

Menit 17:30 Bagaimana cara kita menghindari Dajjal?

1. Selalu berdoa setiap sholat dari empat perkara (Allahumma ini a’udzubika min ‘adzabi jahannam, wa min adzabil qabr, wa min fitnatil mahyaa wal mamaat, wa min sarri fitnatil masiihid dajjal.

2. Menghafal 10 ayat pertama dari surat al Kahfi.

3. Kita lari menjauh dari Dajjal.

Siapa yang menjadi para pengikut Dajjal?

1. Orang Yahudi
2. Para wanita yang jauh dari agama dan yang lemah hatinya.
3. Orang Arab Baduy
4. Orang-orang Khawarij

Maka dari itu agar kita selamat dari Dajjal kita harus paham agama, bahkan Rasulullah pernah mengabarkan seorang pemuda yang selamat dari Dajjal karena ia memiliki ilmu agama (Ceritanya di Menit 20.00).

Kemudian Dajjal akan mengelilingi dunia mengunjungi semua tempat di dunia. Sampai kemudian Dajjal akan mengepung kota Mekah dan Madinah, dimana Kota Mekah dan Madinah akan dijaga oleh malaikat-malaikat yang menghunuskan pedangnya sehingga Dajjal tidak bisa masuk. Maka Dajjal dan pasukannya membuat kemah di dekat kota Madinah. Pada saat itu Kota Madinah berguncang atau gempa. Lalu keluarlah dari kota Madinah orang-orang munafiknya dan bergabung dengan Dajjal sampai-sampai laki-laki kaum mukminin mengikat ibunya dan saudari-saudarinya agar jangan sampai bergabung dengan Dajjal karena memang fitnahnya Dajjal luar biasa.

Di saat itu kemudian Allah izinkan turun Nabi Isa al Masih, beliau turun diantara sayap malaikat seakan-akan beliau baru keluar dari kamar mandi karena rambutnya Nabi Isa selalu meneteskan air. Nabi Isa turun di menara putih Masjid Jami’ Damaskus Suriah. Suriah pada waktu itu menjadi pusat kerajaan kaum muslimin di bawah kepemimpinan Imam Mahdi.

Pada waktu itu Nabi Isa turun di waktu subuh, kemudian terdengar suara “Hayya ‘Alal Jihad Hayya ‘Alal Jihad” mereka pun bergegas dan ternyata itu suaranya Nabi Isa. Kemudian dikumandangkan adzan dan Nabi Isa pun menyuruh Imam Mahdi menjadi Imam karena Nabi Isa menghormati Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Menit 25:50
Nabi Isa diberi kekuatan yang luar biasa diantaranya ada orang kafir yang mencium nafas Nabi Isa maka ia akan mati dan bau nafas nabi Isa itu sejauh mata memandangnya nabi Isa dan setiap Dajjal dipandang oleh Nabi Isa ia akan mengkerut seperti garam yang mengkerut dalam air. Maka kemudian Nabi Isa, Imam Mahdi dan Kaum mukminin mengumandangkan jihad dan sampai-sampai pada waktu itu batu-batu dan pepohonan berkata, “Hai muslim hai mukmin ini dibelakang saya ada orang-orang Yahudi, bunuh dia !” Kecuali pohon gorqod karena itu adalah pohonnya orang Yahudi.

Nabi isa terus mengejar Dajjal sampai akhirnya sampai di suatu tempat namanya Baabul Luth di Palestina, disanalah Nabi Isa akan membunuh Dajjal dengan tombak kecil miliknya.

Setelah Dajjal mati, Nabi Isa pun hanya menawarkan dua pilihan yaitu antara islam atau dibunuh karena disaat itu tidak diterima jizyah lagi. Jizyah itu adalah upeti bagi mereka yang tidak mau masuk Islam, setiap tahunnya yaitu 1 dinar. Jizyah dari masa Rasulullah sampai sekarang masih berlaku. Tapi di jamannya Nabi Isa nanti sudah tidak diterima jizyah hanya masuk islam atau dibunuh. Maka pada waktu itu semua orang di dunia masuk Islam termasuk orang nasrani.

Pada waktu itu ketentraman yang luar biasa dan berkah. Bumi mengeluarkan keberkahannya sampai-sampai buah delima saja dapat mencukupi delapan orang. Namun qodarullah Imam Mahdi meninggal dunia dan akan dikuburkan oleh Nabi Isa ‘alaihis salam. Tak lama setelah itu Allah berfirman kepada Nabi Isa, “ Hai Isa bawalah hamba-hambaku ke bukit Tursina karena aku akan mengeluarkan pasukan yang tidak akan pernah terkalahkan.”

Lalu Allah Subhanahu wa ta'ala keluarkan Ya’juz dan Ma’juz (Menit 29:43)
Tujuan Ya’juz dan Ma’juz itu tujuannya cuma membunuh dan menghancurkan. Maka seluruh dunia dikuasai Ya’Juz dan Ma’juz, sampai-sampai kaum muslimin di bukin tursina itu kelaparan.

Kemudian Nabi Isa pun bedo’a kepada Allah supaya dilepaskan dari penderitaan itu. Maka Allah pun turunkan penyakit yang menimpa Ya’juz dan Ma’juz yaitu keluarnya ulat dari tengkuk-tengkuk mereka kemudian mati. Kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan bahwa tidak ada sejengkal pun di bumi ini kecuali ada bangkainya Ya’juz dan Ma’juz.

Kemudian Nabi Isa berdo’a lagi kepada Allah supaya bumi ini dibersihkan dari bangkainya Ya’juz dan Ma’juz. Maka Allah kirimkan burung-burung yang lehernya sebesar leher unta. Rasulullah mengabarkan burung-burung tersebut membawa bangkai-bangkainya tidak tahu kemana.

Kemudian tidak lama setelah itu Nabi Isa pun meninggal dunia dunia dan dikuburkan di bumi ini.

Menit 31:55
Kata Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tanda hari kiamat itu munculnya cepat dari tanda satu ke tanda-tanda lainnya. Setelah Nabi Isa meninggal dunia akan ada lagi orang yang kafir, kemudian rasulullah mengabarkan akan ada bagian di bumi ini yang akan ditenggelamkan yaitu di timur, di barat, dan di tanah Arab.

Kemudian tanda hari kiamat besar adalah munculnya binatang melata dari dalam bumi. Para ulama berbeda pendapat bentuk hewan itu seperti apa, tapi para ulama kebanyakan berbentuk unta tapi hadist nya tidak ada yang shohih. Disebutkan bahwa daabbah (hewan) ini membawa tongkatnya Nabi Musa dan cincinnya Nabi Sulaiman. Tidaklah ia bertemu dengan seorang manusia pun kecuali di beri cap (tanda) hidungnya, apabial ia mukmin maka ia menjadi putih bersih, tapi kalau ia kafir  menjadi hitam legam. Sebagaimana firman Allah,”Apabila telah Allah tentukan waktunya, Kami akan keluarkan binatang melata dari bumi ini yang akan mengajak bicara manusia bahwa dahulu manusia sebelum kalian mendustakan ayat-ayat Kami.”

Kemudian tanda kiamat besar lainnya yaitu turunnya Dukhon (asap yang tebal).

Menit 34 (BELUM SELESAI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.